Tips Interior Ruang Keluarga Kecil agar Terlihat Luas

Banyak ide-ide untuk mendesain interior ruang kecil berkisar agar bisa menipu mata untuk membuat ruangan tampak lebih luas. Strategi seperti ini dapat mengubah suatu ruangan yang terasa sempit dan sesak menjadi satu ruangan yang terasa nyaman dan estetis. Memaksimalkan cahaya dalam ruang, penggunaan warna, skala dan berat. Beberapa hal ini dapat membuat cukup banyak perbedaan pada ruangan.

Memang menarik untuk mencoba hal-hal baru. Tapi, terkadang ide-ide tradisional untuk interior ruang keluarga tak bisa diterapkan pada ruangan kecil. Alih-alih menggunakan blinds untuk menutupi jendela, gunakan tirai tipis, tapi dipasang memanjang ke atas, sehingga menarik perhatian mata ke atas ruangan. Ruang tamu dan ruang keluarga Anda, terlepas dari ukuran, harus dapat berfungsi sebagai ruang untuk relaksasi dan menghibur seluruh anggota keluarga. Berikut adalah beberapa cara favorit kami untuk membuat ruang keluarga terasa lebih luas.

 

Hiasi dengan Cermin

Desainer interior sering menempatkan cermin di tempat-tempat strategis untuk membuat ruangan terasa lebih besar. Salah satu ide interior untuk ruang keluarga kecil yang paling umum adalah dengan menggantung cermin besar di lokasi pusat untuk membuat titik fokus. Karena cermin bisa memantulkan cahaya dan meningkatkan suasana, letakkan cermin di belakang sumber cahaya seperti lilin atau lampu gantung. Jika memungkinkan, pasang posisi cermin di seberang jendela Anda, sehingga akan memantulkan pandangan dan memberikan ilusi ada jendela lain.

Menarik Perhatian ke atas

Sebuah ruangan memiliki dimensi vertikal serta horizontal. Jika ruang tamu Anda memiliki langit-langit yang tinggi, buat desain interior yang bisa menarik perhatian mata ke atas. Tirai setinggi lantai ke langit-langit adalah salah satu cara stylish untuk mencapai tujuan ini.

Ide lain adalah dengan mengisi ruang vertikal dengan menggantung karya seni atau foto berpigura dengan ukuran kecil sampai sedang menengah. Teknik ini akan membuat ruangan terasa lebih besar daripada yang sebenarnya, karena mengundang mata untuk menjelajah ruang horisontal lebih dari level mata sendiri.

Gunakan Warna Netral

Salah satu ide interior untuk ruang keluarga kecil adalah penggunaan warna-warna netral pada dinding, lantai, langit-langit dan furnitur. Langit-langit dengan warna krem atau off white akan memperluas ruang karena seakan mendorong batasan dinding. Warna lembut juga cenderung membuat nuansa ruangan jadi lebih terang dengan memantulkan cahaya. Selain memperbesar ruangan, langit-langit dengan warna netral juga tampil modern secara instan dan menciptakan suasana yang menenangkan.

Pilih Furniture dengan Penampilan Ringan

Ketika Anda berbelanja untuk perabotan, pertimbangkan berat visualnya. Konsep ini mengacu pada berat yang dirasakan objek berdasarkan ukuran, warna dan desain. Pilih perabotan yang tampilannya ringan, .

Pilihlah warna yang terang daripada warna gelap, dan pilih potongan yang memiliki kaki bukan yang tertutup penuh. Kombinasi material kaca dan kuningan untuk coffee table akan tampil lebih ringan dibandingkan material kayu yang tertutup. Setiap perabot yang tidak menghalangi pandangan akan membuat area ruang keluarga tampak lebih terbuka.

Pilih Furniture dengan Skala Kecil

Tips untuk interior ruang keluarga kecil tidak akan lengkap tanpa rekomendasi bagaimana cara memilih furnitur yang tidak akan tampil mendominasi ruang. Sebuah sofa dengan lengan tipis dan memiliki lapiran penutup sofa yang menempel ketat.

Atau, bisa membuat ruang tamu tanpa sofa sama sekali, variasi pilihan lainnya adalah dengan menggunakan empat kursi di sekitar coffee table. Ketika memilih kursi, pertimbangkan yang tak memiliki lengan karena model seperti ini akan membuat ruangan terasa lebih lapang.

Jadi, ide mana yang Anda pilih untuk membuat ruang keluarga Anda terlihat lebih luas?

 

Sumber : desaininterior.me

Save