3 Prinsip Desain Interior

 

Dekorasi interior yang cantik tidak hanya karena fungsi tapi juga harus dapat membuat suasana dan tampilan ciri khas dari kepribadian keluarga yang tinggal di rumah tersebut. Kita juga harus memperhatikan tiga hal penting ini seperti - fungsi, suasana hati dan kepribadian - yang menjamin keberhasilan suatu dekorasi. Sebelum kita mencat ulang dan menata ulang, luangkan waktu untuk berpikir tentang keluarga anda dan bagaimana anda menjalani kehidupan sehari-hari bersama. Anda bisa melihat dari majalah-majalah untuk mencari inspirasi dan mengeluarkan ide-ide atau kamar-kamar yang menarik bagi anda.

Kumpulkan hal-hal dari seluruh rumah yang membuat anda merasa lebih baik dan pelajari secara seksama untuk petunjuk ide-ide warna dan akan sangat memungkinkan memberi petunjuk untuk suasana hati yang anda cari di rumah anda. Ini adalah awal dari sebuah perencanaan yang benar dan dekorasi yang tepat untuk tempat tinggal anda. Dan selanjutnya, mari kita mulai dengan 3 prinsip ini!

Fungsi

Dalam mendekorasi suatu ruangan lebih dari sekedar daya tarik mata - juga membuat ruangan tersebut benar-benar cocok untuk kebutuhan anda. Berikut adalah cara-cara yang dapat anda lakukan , elemen dengan elemen:

1. Titik fokus: Terkadang kamar tidur anda memiliki titik fokus yang natural (dengan menempatkan sudut mata anda setelah memasuki ruangan)

2. Furniture :: Tentukan apakah furniture anda memenuhi fungsi yang telah anda rencanakan untuk ruangan tersebut.

3. Pencahayaan: Dari segi pencahayaan harus dipilih sesuai dengan fungsi ruang dan daya tarik visual.

4. Penataan furniture: Gambarkan denah rumah anda di atas kertas (denah layout furniture) dengan ukuran yang berskala. Lalu anda dapat mengukur dan menandai penempatan titik-titik pusat listrik dan saklar, ventilasi, letak jendela dan pintu. Lalu ukurlah posisi letak furniture-furniture anda dan tempatkan dalam perencanaan denah lantai rumah anda.

Suasana Hati

Suasana hati atau perasaan yang ditimbulkan dalam ruangan tersebut dibuat sesuai dengan pilihan warna dari anda sendiri, konsep gaya dari furniture-furniture yang anda pilih, jumlah tekstur dan pola yang anda pilih beserta aksesoris-aksesorisnya. Karena ada begitu banyak faktor yang anda pikirkan dalam menciptakan suasana hati, untuk membangun tema yang sesuai dengan pemilihan inspirasi dan dapat membuat bagian dari proyek dekorasi ini menjadi jauh lebih menyenangkan dan menarik. Berikut adalah faktor-faktor yang anda butuhkan ketika mengatur suasana hati, seperti : mendapatkan inspirasi, tema, petunjuk-petunjuk warna, motif-motif, tekstur dan furniture.

Kepribadian

Inilah kesempatan anda untuk menempatkan ciri khas kepribadian di ruang yang anda rencanakan. Berikut adalah beberapa strategi:

1. Mengatur letak aksesoris-aksesoris: Foto-foto, vas-vas bunga, bantal dan karpet adalah semua bagian dari rencana dekorasi yang sangat menarik. Pada umumnya, hal-hal tersebut harus mendukung tema anda, tetapi ada kemungkinan akan ada lebih banyak lagi fleksibilitas .

2. Khayalan/Fantasi: Hal ini adalah sebagian pilihan dalam skema dekorasi rumah anda, tetapi dapat keluar sedikit dari standard dalam kategori kualitas yang anda terapkan.

3. Kejadian yang tak terduga: Ketertarikan anda akan suatu hal tidak haruslah sesuatu yang hanya ada di khayalan/fantasi; itu juga bisa menjadi sesuatu yang tak terduga yang ada di sekitar ruangan anda, seperti dari plafon di ruangan tersebut dan dicat dengan warna yang cerah.

Dan, akankah anda mempraktekan untuk proyek rumah anda sendiri?