Cara Mudah Memadukan Beberapa Motif di Rumah Anda

Bosankah Anda dengan warna-warna polos sebagai dekorasi interior di hunian Anda? Warna-warna polos memang selalu memiliki tempat sendiri dalam dunia interior, tetapi bagaimana jika Anda menambahkan beberapa motif untuk memberi daya tarik visual dan juga memberikan sesuatu yang menarik di ruangan Anda? Ya! Memadu-padankan beberapa pola atau motif sering menjadi sesuatu yang menantang, terutama jika Anda tidak tahu bagaimana memilih warna dan pola yang serasi satu sama lainnya. Sebelum Anda mulai memilih beberapa pola yang akan digunakan, ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui. Berikut 10 beberapa cara mudah memadukan warna dan pola untuk rumah Anda.

 

Tentukan palet warna yang Anda sukai

Salah satu tantangan dari memadukan motif dan warna adalah menentukan mana yang cocok jika digabungkan dan mana pola-pola yang akan bertabrakan. Sebelum Anda menentukan motif, coba tentukan warna apa saja yang Anda sukai. Anda bisa memilih akan menggunakan warm tone atau cool tone sebagai warna dasar. Setelah itu tentukan 2 warna utama dan 2 warna aksen untuk memberikan sesuatu yang menarik.

 

Cara paling mudah : kombinasikan warna putih dengan motif berwarna

Salah satu cara mudah untuk menggabungkan pola adalah dengan memilih salah satu pola berwarna dan mengkombinasikannya dengan warna dasar putih. Apakah Anda memilih nuansa monokrom, atau tema nautical dengan warna biru laut dan putih, gunakan lah imajinasi Anda dalam memilih palet warna. Setelah itu Anda bisa menentukan pola seperti apa yang cocok, seperti garis-garis, chevron, polkadot, atau pola print yang unik.

 

Menggunakan warna-warna netral sebagai warna dasar

Pola-pola dengan ukuran besar bisa menjadi pilihan untuk Anda. Tetapi berhati-hatilah jika menggunakan pola-pola besar ini, Anda bisa menggunakan warna netral sebagai warna dinding dan lantai. Dan aplikasikan pola tersebut di area karpet dan dibeberapa bagian furnitur. Agar ruangan Anda tidak terlalu berlebihan, lengkapi juga ruangan dengan sofa dan furnitur berwarna netral. Dengan begitu, pola-pola tersebut akan terlihat menonjol di antara warna netral.

 

Gunakan beberapa ukuran motif

Ketika Anda ingin mengaplikasikan beberapa motif di ruangan, ingatlah jika sesuatu yang berlebihan itu akan membuat ruangan terasa sempit dan tidak nyaman. Perhatikan ukuran dari motif tersebut dan seimbangkan penggunaannya, seperti mengaplikasikan motif-motif kecil sebagai aksesori ruangan saja. Dengan perpaduan beberapa ukuran motif yang seimbang, ruangan Anda akan terasa lebih nyaman.

 

Jangan takut menggunakan warna-warna solid

Yang menarik dalam memadukan beberapa motif dalam suatu interior adalah Anda bisa memilih untuk menggunakan warna-warna solid. Contohnya, warna burgundy atau biru laut akan terlihat sangat indah jika Anda padukan dengan sofa bermotif zebra! Anda bisa menggunakan motif dengan berwarna monokrom untuk menyeimbangi warna-warna solid yang nantinya akan digunakan. Tidak harus selalu menggunakan warna-warna pastel dalam interior Anda, warna-warna solid juga akan membuat interior Anda menarik dan unik!

 

Padukan beberapa motif

Anda penggemar motif garis-garis, kotak-kotak atau polkadot?, Kenapa tidak jika memadukannya dalam suatu ruangan? Salah satu ruangan yang bisa Anda gunakan untuk memadukan beberapa motif tersebut adalah kamar tidur. Anda bisa menggunakan motif yang Anda sukai untuk aksen bantal, lampu tidur, atau aksesoris lainnya dan mengaplikasikannya dalam ukuran yang berbeda-beda untuk hasil yang unik dan menarik. Agar tidak terkesan terlalu “ramai”, jangan lupa padukan beberapa motif tersebut dengan warna-warna netral seperti di karpet atau sprei kasur.

 

Gunakan motif-motif tekstil dari negara berbeda

Apakah Anda suka berlibur? Dengan Mengunjungi beberapa negara, Anda dapat melihat berbagai macam motif-motif tekstil yang ada di Negara tersebut. Jika ada pola atau motif yang Anda sukai dari Negara tersebut, cobalah untuk memadukan motif tersebut dengan warna-warna solid ke sebuah ruangan. Dengan motif-motif unik dari berbagai negara, ruangan Anda pun akan tampil indah dan tidak membosankan!

 

 

 

 

Sumber : desaininterior.me

 

Save